perang gaza

Berita Top 3 Dunia terhadap Kamis 4 April 2024 di mulai oleh Dewan HAM PBB akan pertimbangkan rencana resolusi terhadap Jumat 5 April 2024 yang menyerukan embargo senjata terhadap Israel.

Sementara di urutan kedua, Direktur slot777 Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengurai kronologi terbongkarnya persoalan dugaan perdagangan orang (TPPO) di Jerman berkedok magang terhadap ribuan mahasiswa asal Indonesia.

Sementara di urutan ketiga, pertemuan virtual terhadap Senin antara para pejabat tinggi Amerika Serikat dan Israel untuk membahas rencana Israel melaksanakan serangan darat ke Rafah di Gaza berujung ricuh.

Berikut Top 3 Dunia selengkapnya.

1. Risiko Genosida di Gaza, Dewan HAM PBB Rancang Resolusi Embargo Senjata Israel

Dewan Hak Asasi Manusia PBB (Dewan HAM PBB) akan pertimbangkan rencana resolusi terhadap Jumat 5 April 2024 yang menyerukan embargo senjata terhadap Israel. Dewan menyatakan bersama alasan “adanya risiko genosida yang masuk akal di Gaza.”

Jika rencana resolusi berikut diadopsi, ini akan menandai pertama kalinya badan hak asasi manusia PBB mengambil sikap terhadap serangan brutal Israel di Gaza.

2. Begini Awal Mula Terbongkarnya Kasus Dugaan TPPO Berkedok Magang di Jerman

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengurai kronologi terbongkarnya persoalan dugaan perdagangan orang (TPPO) di Jerman berkedok magang terhadap ribuan mahasiswa asal Indonesia. Untungnya, keseluruhan 1.044 mahasiswa yang terperangkap persoalan ini, saat ini telah pulang ke Indonesia.

Menurut Judha, persoalan ini terbongkar disaat terhadap Oktober 2023 KBRI Berlin menerima aduan dari empat korban yang merasa ditipu. Sebab mereka dijanjikan magang di Jerman (ferienjob), tetapi yang berjalan malah jadi kuli angkut di perusahaan ekspedisi. Dari situ, dilakukan investigasi dan wawancara terhadap sebagian korban sampai ditemukan tersedia sebagian mahasiswa yang sakit dan telah tidak kuat lagi magang. Ada pula sebagian mahasiwa yang telah diputus kontrak magangnya.

3. Berseteru Soal Rencana Serangan ke Rafah, Menteri Israel Maki-maki Pejabat AS

Pertemuan virtual terhadap Senin antara para pejabat tinggi Amerika Serikat dan Israel untuk membahas rencana Israel melaksanakan serangan darat ke Rafah di Gaza berujung ricuh.

Ini berjalan sesudah AS menolak usulan Israel untuk mengevakuasi paksa satu juta lebih warga sipil Palestina yang berlindung di sana, kata dua pejabat Amerika dan seorang mantan pejabat Amerika yang tahu pertemuan itu kepada NBC News terhadap Rabu.

Retno Marsudi Ingin Dunia Fokus pada 3 Hal Ini untuk Atasi Perang Gaza

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi terima kunjungan para Duta Besar dan perwakilan berasal dari Kedutaan Besar Negara-negara Arab untuk Indonesia di Kementerian Luar Negeri, Jakarta terhadap Selasa, April 2024. Pertemuan berjalan lebih berasal dari satu jam dan membicarakan pertumbuhan perang Gaza, yang menurut Retno pentingnya kesatuan sikap dan posisi di dalam menunjang perjuangan bangsa Palestina, dan juga mempunyai tanggung jawab ethical untuk menunjang Palestina.

“Seluruh rakyat Indonesia terlibat di dalam menunjang perjuangan Palestina. Saya hargai keaktifan Anda di beraneka organisasi internasional di dalam memperjuangkan Palestina,” kata Duta Besar Palestina Zuhair S.M. Al Shun.

Retno menekankan Indonesia dan negara-negara Arab sanggup fokus terhadap tiga hal utama, tentang perang Gaza. Pertama, meyakinkan implementasi Resolusi 2728 (2024) yang memuat isu gencatan senjata.

“Indonesia menyongsong baik Resolusi tersebut. Namun demikian kita seluruh mempunyai tanggung jawab besar untuk meyakinkan Resolusi berikut sanggup diimplementasikan dan dihormati oleh Israel”, kata Retno.

Sekarang ini sudah banyak Resolusi Dewan Keamanan PBB perihal Palestina. Jika Resolusi-resolusi berikut diimplementasikan, maka kondisi Palestina tidak dapat layaknya selagi ini. Retno pun menyayangkan setelah resolusi 2728 berikut dikeluarkan, Israel senantiasa melanjutkan serangannya.

Kedua, menunjang keanggotaan penuh Palestina di PBB. Indonesia menunjang keanggotaan penuh Palestina di PBB dan mengajak para Duta Besar supaya negaranya terhitung laksanakan hal yang sama. Ketiga, menunjang usaha untuk menyelamatkan UNRWA, mengingat peran UNRWA di dalam menunjang pengungsi Palestina. Menlu RI mengapresiasi negara-negara yang sudah mengambil keputusan untuk ulang menambahkan pemberian keuangan, setelah ketentuan di awalnya untuk menangguhkannya.

Pertemuan Retno bersama dengan perwakilan negara-negara Arab dihadiri oleh tujuh Duta Besar, yakni berasal dari Palestina, Yordania, Arab Saudi, Aljazair, Suriah, Oman, dan Mesir; dan juga 13 perwakilan berasal dari kedutaan besar yakni: Bahrain, Mauritania, Yaman, Libanon, PEA, Irak, Libia, Qatar, Kuwait, Tunisia, Sudan, Somalia, dan Maroko.

Tag: