Para anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menampilkan sejumlah kultur Indonesia terhadap para delegasi AL asing di atas KRI Diponegoro-365 yang bersandar di dermaga Funakoshi Quay, Yokosuka, Jepang, Kamis malam.

“Ini yaitu program rutin salah satu tugas TNI AL dalam mendukung diplomasi,” kata Ketua Delegasi Markas Besar AL untuk International Fleet Ulasan 2022 Laksma TNI Retiono Kunto di Yokosuka, Jumat.

Pertunjukan tersebut digelar dalam resepsi Indonesia sebagai bagian dari keikutsertaan dalam International Fleet Ulasan 2022 untuk rangka memperingati ke-70 Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF).

Retiono mengatakan keikutsertaan Indonesia yaitu program rutin dari aktivitas unkind.info tahunan tersebut yang juga dicontoh oleh angkatan laut dari beragam negara.

“Kerja sama bilateral angkatan laut secara rutin kita melaksanakan latihan bersama, salah satu kegiatannya ini. Nanti, seandainya kita melaksanakan Multilateral Naval Exercise Komodo, Jepang berpartisipasi juga,” katanya.

Tari-tarian yang dibawakan oleh para awak KRI Diponegoro-365 tersebut berasal dari beragam tempat mulai dari Bali, Kalimantan hingga Papua.

Para delegasi asing malah ikut serta menikmati suguhan kultur tersebut dan ikut serta serta berdansa Gemu Famire bersama. Tak cuma itu, beragam kuliner khas Nusantara malah dipersembahkan, seperti rendang, bakso dan sate.

Retiono berkeinginan melewati acara tersebut hubungan antara perwira militer Indonesia dan beragam negara dapat semakin erat, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme.

“Abadi paling khusus yaitu hubungan baik antara kedua angkatan laut, istilahnya navy brotherhood. Itu penting sekali agar kita dapat saling bertukar pengalaman, meningkatkan profesionalisme dan juga berkomunikasi dengan baik,” katanya.

KRI Diponegoro-365 tiba di Jepang pada Selasa (1/11) yang dipimpin oleh Letkol Laut )P) Kurniawan Koes Atmadja yang disambut oleh Atase Pertahanan KBRI Tokyo Kolonel Pnb Andi Nur Ulasan.

Sebanyak 108 si kecil buah kapal (ABK) yang dibawa KRI Diponegoro-365 akan berlatih selama 45 hari, termasuk 12 regu penunjang dari Kopaska, penyelam, intelijen dan kesehatan.

Terdapat 40 kapal perang yang berpartisipasi dalam International Fleet Ulasan 2022 di Jepang, di antaranya 40 kapal JMSDF, 21 kapal negara peserta.

tersebut akan dilanjutkan dengan aktivitas multilateral, di antaranya latihan pencarian dan penyelamatan (search and rescue exercise) dan photo exercise pada 6-7 November akan datang