Sebagai warga Indonesia kita wajib bangga Toppers, karena Indonesia ialah negara yang kaya akan alam dan kebiasaannya. Tak cuma memberikan panorama alam yang indah, Indonesia juga menawarkan keanekaragaman tradisi dari Sabang sampai Merauke. Indonesia sendiri tercatat sebagai salah satu negara paling kaya akan tradisi di dunia loh!

Kerennya lagi, kekayaan tradisi Indonesia ini ternyata telah diakui oleh dunia loh Toppers. Buktinya, beberapa warisan tradisi Indonesia telah tercatat oleh UNESCO dan pun warga luar negeri pun turut mempelajari tradisi-tradisi Indonesia loh! YukToppers segera aja simak warisan-warisan tradisi Indonesia yang telah mendunia berikut ini.

Wayang
Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan tradisi bangsa Indonesia pada tahun 2003 dan telah dikenal oleh masyarakat dunia. Bahkan kini telah banyak orang asing yang turut mempelajari kesenian yang berasal dari tanah Jawa ini.

Wayang sendiri ialah seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang dan biasanya diiringi alunan musik joker123 gamelan. Kisah-kisah yang umum dimainkan dalam pertunjukkan wayang ialah kisah seputar para punakawan seperti Petruk, Semar, Bagong, Gareng.

Batik
Siapa yang tak mengenal tradisi Indonesia satu ini? Seperti yang kita tahu, kini batik tengah banyak diminati karena keunikan coraknya. Tak cuma itu pembuatan batik yang rumit khususnya batik tulis menjadi tenaga tarik tersendiri. Keindahan dan keunikan batik inilah yang menjadikan batik sebagai warisan tradisi dunia (world heritage) yang telah diakui oleh UNESCO pada Oktober 2009. Kerennya lagi, kini tradisi pujian Indonesia ini telah banyak dipakai oleh warga asing, termasuk selebriti dunia seperti Paris Hilton, Jessica Alba, dan Dakota Fanning!

Angklung
Angklung ialah alat musik bernada ganda yang dimainkan dengan metode digoyangkan. Angklung Indonesia telah memperoleh pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari World Heritage pada 19 Januari 2011. Sertifikat pun diserahkan oleh eks Duta Besar RI untuk UNESCO, Tresna Gemar Kunaefi kepada Menteri Pengajaran Nasional pada masa itu, ialah Muhammad Nuh.

Angklung pun ternyata digemari di luar negeri, negara-negara seperti Korea, Jepang, dan Malaysia telah mengenalkan angklung pada buah hati-buah hati umur sekolah.

Keris
Senjata yang tak jarang dipakai oleh raja-raja di Indonesia pada masa lampau ini ternyata juga menarik ketertarikan masyarakat dunia. Hal ini dijelaskan dengan diakuinya Keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” oleh UNESCO pada tanggal 25 November 2005. Keris sendiri telah dipakai semenjak abad ke-9 dan dibuat dari logam. Sekarang keris sendiri telah menjadi salah satu benda yang banyak dikoleksi oleh para pecinta seni.

Reog Ponorogo
Kesenian yang berasal dari Jawa Timur ini ialah seni tarian yang menggunakan topeng dadak merak, ialah topeng berkepala harimau yang di atasnya terdapat bulu-bulu merak. Keunikan Reog Ponorogo inilah yang membuat Reog Ponorogo sempat diklaim oleh negara tetangga sebagai tradisi mereka.

Wah, nggak nyangka ya Toppers ternya tradisi Indonesia telah dikenal oleh negara-negara di dunia. Pastinya jadi makin bangga dong jadi warga negara Indonesia. Tetapi kamu nggak cuma wajib bangga Toppers, tapi juga wajib turut melestarikan tradisi tersebut agar tak hilang ya. 😀