Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) lewat kesibukan Tenda Budaya Kaum Muda (KBKM) berpartisipasi dalam acara Inacraft 2024.

Acara itu dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), mulai dari 28 Februari sampai 3 Maret 2024.

Dalam upaya untuk mempromosikan dan mendorong alumni KBKM di bidang kerajinan tangan, Kemendikbud Ristek membuka stan yang memperlihatkan karya-karya unggulan dari para alumni.

Karya yang ditampilkan antara lain ransel anyaman, ikat pinggang dari tenun, kelengkapan makanan serta hiasan dari bambu.

Produk-produk yang ditampilkan selama pameran adalah hasil gotong royong alumni KBKM dengan warga desa.

Pameran ini diinginkan menjadi platform untuk mempertemukan alumni KBKM dengan pasar yang lebih luas serta menyajikan kerajinan tangan lokal kepada pengunjung dari bermacam negara.

Para pengunjung memiliki peluang berinteraksi dengan para alumni KBKM dan pengrajin mengenai pengalaman mencontoh KBKM.

Direktur Pembinaan Energi dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbud Ristek Ridho Gunawan mengatakan, bila partisipasi alumni KBKM di Inacraft 2024 adalah upaya untuk menarik generasi muda untuk terlibat dalam melestarikan dan mengoptimalkan kultur Indonesia lewat kerajinan tangan.

“Kami berkomitmen untuk slot online 777 mendorong para alumni KBKM dalam mengoptimalkan dan mempromosikan karya-karya mereka. Partisipasi kami di Inacraft 2024 adalah format nyata dari komitmen tersebut,” kata Ridho dalam keterangan resminya, Rabu (28/2/2024).

Ketua Regu Kerja KBKM Sitti Utami menyajikan rasa antusiasnya untuk menyambut para pengunjung di stan KBKM.

Kecuali ingin menyajikan produk-produk lokal, dirinya juga ingin menyajikan program KBKM kepada masyarakat.

“Itu khususnya si kecil-si kecil muda bila ada wadah untuk mereka berkontribusi dalam memajukan kultur Indonesia,” jelas ia.

Untuk mengunjungi stan KBKM di Inacraft 2024, Kemendikbud mengundang seluruh pencinta kerajinan tangan untuk mengunjungi Main Lobby 1, JCC.

Tenda Budaya Kaum Muda (KBKM) adalah platform kerja kultur bagi si kecil-si kecil muda untuk mendorong pemajuan kebudayaan lewat pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM).

Konsentrasi utama produk KBKM adalah produk kebudayaan yang berbentuk purwarupa lahiriah dan aplikasi. Aplikasi adalah karya yang berupa perangkat lunak, meski purwarupa lahiriah adalah karya yang berbentuk perangkat keras.

Diawali sejak 2019, KBKM telah melahirkan (jumlah) alumni dari bermacam tempat di Indonesia.