Aceh yaitu daerah yang berada di provinsi paling barat dari kepulauan Nusantara. Aceh juga dihuni oleh sebagian etnis masyarakat yang tentu saja mempunyai pengaruh dalam kekayaan kultur daerah Aceh pada biasanya. Kebudayaan masyarakat Aceh sendiri sudah banyak diwarnai dengan nuansa agama Islam, sebagai agama yang mempunyai peran banyak dalam sejarah Aceh.

Akan tapi, warna kultur serta slot depo 5k upacara adat Aceh dan segala kebiasaannya justru kian menambah keunikannya sendiri dan cukup menarik untuk diulas. Dari sekian banyak variasi kesenian maupun kebudayaan, upacara adat Aceh beserta ritual dan kebiasaannya yaitu salah satu aspek yang benar-benar kental dalam kehidupan bermasyarakat di Aceh.

Dalam artikel ini, dikenalkan variasi upacara adat Aceh yang menarik untuk Grameds kenal. Simak baik-baik ya!

Tipe Upacara Budaya Aceh
Peusijuek
Upacara adat Aceh yang pertama yaitu upacara Peusijuek yang hingga kini masih berlangsung dan dijalankan oleh masyarakat Aceh. satu ini cukup mirip dengan kultur Tepung Mawar dalam kebudayaan masyarakat Melayu.

Upacara adat Peusijuek biasanya dijalankan di hampir tiap aktivitas adat yang ada dalam kehidupan masyarakat Aceh. pada kalangan masyarakat di pedesaan, Peusijuek yaitu upacara yang benar-benar umum dijalankan untuk hal-hal kecil, seperti ketika membeli sebuah kendaraan baru atau ketika menaburkan benih di sawah.

Akan tapi, bagi masyarakat perkotaan di Aceh yang mempunyai gaya hidup yang lebih modern, kultur Peusijuek hanya dijalankan pada aktivitas adat saja, umpamanya seperti dalam pengerjaan adat perkawinan.

Dalam pelaksanaannya, pengerjaan upacara adat Peusijuek ini dipimpin oleh salah seorang tokoh agama atau tokoh adat yang dituakan atau dihormati oleh masyarakat setempat. Bagi laki-laki, biasanya upacara adat ini dipimpin oleh seorang Teuku, sedakan oleh kaum perempuan dikenal dengan sebutan Ummi, sebagai tokoh yang dituakan dan dihormati oleh masyarakat.