Manado merupakan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara. Beberapa besar warga Manado didominasi suku Minahasa dan suku di Sulut lainnya.

Bahasa yang dipakai masyarakat Manado merupakan melayu dengan logat khas. Secara awam, kultur Manado identik dengan suku Minahasa maupun beberapa daerah lainnya di Sulut seperti Bolaang Mongondow.

Tarian Kabasaran

Tarian kabasaran menjadi kultur suku Minahasa di Manado yang menjadi identitas warga Bumi Nyiur Melambai. Tarian perang tersebut cakap menarik perhatian para pelancong atau pelancong.

Tidak heran, tarian ini mencontoh perilaku para leluhur ketika melawan steviaa.com musuh menjadi tarian selamat datang bagi para tamu daerah.

Secara awam, tarian kabasaran dilaksanakan sekelompok pria yang mengaplikasikan pakaian adat perang Minahasa. Tarian ini juga kerap kali disebut Cakalele. Dikala ini, tarian perang Kabasaran dipertunjukan pada ketika-ketika pawai dan juga pada waktu penjemputan tamu-tamu penting daerah.

Tarian Kabasaran masih bertahan hingga sekarang. Di balik penampilannya yang serba merah, tarian ini memiliki sejarah menakjubkan.

Gaya para penari dengan pakaian serba merah, mata melotot, wajah garang, diiringi tambur sambil membawa pedang dan tombak tajam itu sejatinya membikin Kabasaran ini kharismanya tidak pernah redup.

Warna pakaian dominan merah dengan beraneka aksesoris berupa topi berhias sayap dan paruh burung uwak (buceros exaratus) atau burung jenis lainnya. Kalung dengan tengkorak kera (macaca nigra), gelang dan lain-lain menambah kesempurnaan seorang prajurit yang gagah perkasa.