Keragaman kultur di Indonesia keberadaannya tidak dapat ditiadakan sebab menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Keragaman kultur inilah yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain di dunia.

Melainkan, walaupun Indonesia terdiri dari keragaman kultur yang berbeda-beda, bangsa Indonesia tetap mengatur teguh semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya ‘berbeda-beda, namun tetap satu’.

Ada pelbagai figur keragaman kultur di Indonesia dan semuanya sangat menarik. Agar kian jelas, simak ulasan di bawah ini!

Contoh Keragaman Adat

Nurul Akhmad dalam buku berjudul Ensiklopedia Keragaman Adat menjelaskan bahwa negara Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 dan termasuk salah satu negara kepulauan yang paling besar di dunia.

Jumlah pulau yang ada di Indonesia kurang lebih 17.000 pulau. Adapun judi bola terpercaya luas zonanya menempuh 1,90 juta km persegi dengan jumlah penduduknya sekitar 206 juta jiwa.

Sejak dulu, bangsa Indonesia familiar dengan pelbagai keragaman budayanya. Berbagai figur keragaman kultur di Indonesia yang perlu diketahui, antara lain:

1. Rumah Kondisi Tradisional
Rumah adat tradisional merupakan sebuah bangunan ataupun konstruksi yang dirancang dan dibangun mengaplikasikan metode yang sama dari generasi ke generasi. Pakaian bangunan juga tidak mengalami perusahaan secara signifikan.
Rumah adat di Indonesia sangat pelbagai, seperti Rumah Bolon di Sumatra Utara, Rumah Joglo di Jawa Tengah, Rumah Gadang di Sumatra Barat, dan sebagainya.

2. Upacara Kondisi
Upacara adat merupakan format kultur dari masyarakat tradisional yang mempunyai nilai relevan untuk kehidupan dan keperluan manusia. Upacara adat disebut juga sebagai warisan nenek moyang yang mesti dijaga dan dilestarikan turun-temurun di tiap-tiap kawasan.
Upacara adat yang ada di Indonesia, semisal Besale di Jambi, Ngebabali di Lampung, Bakar Gunung Api di Bengkulu, Naik Dango di Kalimantan, dan sebagainya.

3. Melainkan Kondisi
Melainkan adat tradisional termasuk simbol identitas suatu suku. Melainkan, seiring perkembangan zaman, baju adat menjadi popularitas di dunia fashion.
Misalnya baju adat yang ada di Indonesia, antara lain Ulos dari Sumatra Utara, Teluk Belanga serta Kebaya Labuh dari Riau, Rejang Lebong dari Bengkulu, Pesa’an dari Jawa Timur, dan sebagainya.

4. Tarian Kondisi
Tarian adat dapat merefleksikan kultur serta kearifan lokal Indonesia. , Tari Saman dari Aceh, Tari Cokek dari Jakarta, Tari Legong dari Bali, dan sebagainya.

5. Alat Musik dan Tradisional
Alat musik dan nyanyian tradisional merupakan sarana pada upacara adat di Indonesia. , alat musik Tifa dari Papua dan Maluku, Sasando dari NTT, dan sebagainya.